Mail   |   Chat   |   Forum
Home | Hiburan | Musik | Pendidikan
Update   
 
 
info hangat
gosip
info sinema
macanegara
pendatang baru
   
 
 
MANCANEGARA
 
? 'HARRY POTTER' Akan Dibuat Versi Teater Musikal
? 'MADE IN CHINA', Film Bollywood Garapan Hollywood
? Patung 'ROCKY BALBOA' Didirikan di Serbia
 
 


   
 

26 Agustus 2007
'NAGABONAR JADI 2' Ditayangkan di Praha

Ceko-RRI-Online,

Film produksi bersama Indonesia dan Cekoslovakia yang berjudul AKSI KALIMANTAN dan film NAGABONAR JADI 2 yang dibintangi Deddy Mizwar menjadi tontonan yang menarik dalam rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan RI di Praha.
"Film AKSI KALIMANTAN merupakan realisasi dari kerja sama kebudayaan Indonesia - Cekoslovakia yang ditandatangani kedua negara pada tahun 1958," ujar Dubes RI di Praha, Salim Said di London, Selasa (21/8).

Pemutaran kedua film tersebut tidak hanya dihadiri masyarakat Indonesia yang berdomisili di Praha serta sejumlah diplomat Asia, tetapi juga warga Ceko yang cinta Indonesia.

AKSI KALIMANTAN adalah film produksi Indonesia-Ceko yang dibuat tahun 1962 yang ditangani oleh sutradara asal Ceko. Naskah ceritanya ditulis Marsekal Udara S. Suryadarma, KSAU pada waktu itu, dan diproduksi Angkatan Udara Republik Indonesia (kini TNI-AU).

Film yang dibintangi artis ternama pada zaman itu di antaranya Bambang Hermanto, Bambang Irawan, Pietrajaya Burnama, dan Mieke Wijaya, bercerita tentang penerjunan pertama tentara Indonesia di Kalimantan pada saat perang kemerdekaan.

Pemutaran film tersebut membawa kenangan dan menimbulkan keharuan bagi warga Ceko dan Indonesia yang terlibat langsung dalam pembuatan film tersebut, 45 tahun lalu, di antaranya Koentiyo Soekadar dan Zorica Dubovska.

Koentiyo Soekadar, adalah mahasiswa Indonesia di Praha yang mengisi suara salah seorang pemain yang tidak bisa didatangkan ke Praha, sedangkan Zorica Dubovska, seorang ahli bahasa Indonesia, yang pada saat itu bekerja di Kedutaan Besar Cekoslovakia di Jakarta bertindak sebagai penasehat bahasa.

Film AKSI KALIMANTAN yang tersimpan dengan baik di Lembaga Arsip Film Ceko hingga kini tidak ditemukan pada Sinematik Indonesia.

   
           
Powered by
      Mail   |   Chat   |   Forum
Divisi Multimedia
Radio Republik Indonesia